Saturday, June 21, 2014

Inilah Warga Yahudi Protes Laga Argentina-Iran di Brazil

Puluhan warga Yahudi di Buenos Aires, Argentina melakukan aksi protes diam satu menit sebelum laga Argentina versus Iran dalam lanjutan penyisihan grup Piala Dunia 2014. Warta AP mengatakan pada Sabtu (22/6/2014) mengatakan unjuk rasa tersebut berawal dari kasus pengeboman di ibu kota Argentina tersebut, 20 tahun silam. 

Catatan terkumpul menunjukkan insiden itu terjadi di gedung pusat Yahudi. Kala itu, korban tewas mencapai 85 orang. Dalam persidangan kasus tersebut, jaksa menuduh Iran menjadi dalang aksi keji tersebut.

Selain melakukan aksi diam, para pendemo membawa spanduk bertuliskan "20 tahun tanpa keadilan". Ada juga pengunjuk rasa yang membawa spanduk bertuliskan "kartu merah untuk ketidakadilan".

Pemimpin unjuk rasa Dov Bigio mengatakan pertandingan Argentina melawan Iran merupakan kesempatan yang jarang terjadi. "Makanya kami memanfaatkannya untuk mengekspresikan diri menuntut ketidakadilan tersebut," katanya. 

Menurut Dov Bigio unjuk rasa serupa digelar pula di Rio de Janeiro, Brasil. Komunitas Yahudi di Brasil juga berunjuk rasa serupa di depan stadion di Belo Horizonte, lokasi pertandingan.

No comments:

Post a Comment